Sunday, June 21, 2015

Tips Agar Puasa Tahan Sampai Berbuka

Berpuasa itu menahann hawa nafsu, tidak makan dan minum. Umat Islam menjalankan ibadah puasa wajib pada bulan ramadhan. Kalau berpuasa selain di bulan ramadhan itu cuma sunnah. Hukumnya wajib berarti berpahala jika dikerjakan dan berdosa jika ditinggalkan. Sementara hukum sunnah, berpahala jika dikerjakan dan tidak berdosa jika ditinggalkan.

Banyak kali godaan yang namanya puasa ini. Nafsu mencekik di ubun-ubun kepala, sekali tercekik susah untuk melupakan. Antisipasi terbaiknya adalah dari diri sendiri. Perhatikan kejadian yang pernah terjadi pada diri, kemudian jangan lakukan lagi.

Ada 3 hal utama yang sering membuat orang berbuka puasa tidak pada waktunya: 1. haus, 2. lapar, dan 3. nafsu. Haus jika sudah melanda seolah-olah kita mau mati rasanya. Padahal baru dari tadi paginya kita tidak minum, kayak gak minum-minum rasanya selama 1 bulan. Lapar juga kalau sudah menerpa badan lemas kali rasanya. Tubuh ini tinggal tunggu tumbangnya aja. Begitu juga dengan nafsu serasa tak sabar ingin melakukannya. Padahal tinggal beberapa jam lagi, tapi karena sudah tidak tahan maka dilakukan saat itu juga demi menuruti perkataan nafsu.

Banyak kegiatan manusia yang dapat menimbulkan 3 hal di atas. Itulah yang harus kita hindari.

1. Jangan bepergian di siang hari
Sudah puasa, haus lagi, bibir kering, kepala panas karena berkeliaran di siang hari bersama teman. Ini bisa menjerumuskan kita pada praktik buka puasa illegal. Yang namanya kalau sudah dehidrasi, pasti haus dan pingin minum. Kalau sudah komplikasi begini, pasti tergoda untuk menyudahkan puasa. Alhasil berbuka sebelum waktunya. Padahal tinggal sebentar lagi waktu berbuka tapi karena sudah tidak tahan, terpaksa jadinya. Maka dari itu kalau kita puasa sebaiknya hindari keluyuran pada siang hari.

2. Jangan nonton film
Film Indonesia apalagi film horror, banyak adegan seminya. Apalagi kalau nutrisi yang diasup bagus, kemampuan tubuh dalam merespon adegan-adegan seperti itu sangat tinggi. Kalau sudah merasuk ke dalam otak, pikiran jadi tidak tentu. Bisa jadi berbuka puasa dengan cara yang lebih ekstrem lagi tampaknya. Bukan melarang menonton film, tapi filter film yang akan ditonton kira-kira ada gak yang gituannya. Kalau ada ya jangan ditonton.

3. Manajemen waktu makan Adakalanya seseorang membatalkan puasanya karena tidak tahan tadi pagi gak sahur. Loh kenapa gak sahur? Bukannya gak ada makanan, tapi malah gak selera makan. Makan terhidang lezat tapi banyak faktor tidak selera makan seperti perut masih kenyang, gak biasa langsung makan setelah bangun tidur, dan makanan yang dingin. Kalau saya pernah mengalami perut masih kenyang. Ini karena saya makan nasi setelah berbuka itu pada pukul 12.00 malam, sementara saya sahur pada jam 3 pagi. Tentu saja perus masih kenyang. Itulah bercermin dari kejadian ini sebaiknya kita jangan lama-lama makan setelah berbuka puasa. Sahurlah kalau kita mau puasa agar tidak terlalu lemas saat menjalankannya.

Demikian saja yang dapat dituangkan dari pikiran saya. Selamat berjuang para pejuang puasa se Indonesia. Semoga puasa Anda berkualitas dan tahan hingga berbuka nanti. Sampai jumpa!

No comments:

Post a Comment