Tuesday, June 2, 2015

Manfaat Menulis Diary untuk Kita

Diary atau buku harian, sebuah buku catatan tangan yang biasa dibuat sebagai memory non-digital manusia untuk menyimpan segala jenis pengalaman hidup dan cerita penulisnya masing-masing. Diary biasa ditulis menggunakan tanggal sebagai penanda kapan tulisan tersebut dibuat. Kebanyakan buku catatan harian ini ditulis oleh wanita.

1. Dokumentasi
Begitu besar sebenarnya kegunaan catatan harian ini. Pertama sebagai dokumentasi. Ada kalanya kelemahan manusia adalah lupa dengan hal detail yang pernah ia alami. Melalui buku catan harian, kita dapat mengingat kembali kejadian tersebut dengan membaca dokumentasi tersebut. Bahkan untuk tipe orang yang rajin, mereka biasanya menambahkan foto untuk memperkaya catatan.

2. Curahan Perasaan
Kalau kebanyakan cewek yang masih remaja, diary merupakan wadah ekspresi perasaan. Perhatikanlah kalau anak gadis Anda menulis diary, kebanyakan berisi curhatan mereka mengenai hubungan, baik hubungan persahabatan, guru murid maupun kepada sang pacar. Tidak heran kalau mereka menambahkan gambar khusus sebagai simbol perasaan. Biasa donk kita juga sudah tahu gambar apa itu.

3. Melatih Menulis
Seandainya si anak yang suka menulis, bisa jadi diary dijadikan sebagai tempat untuk melatih kecerdasan menulis. Tidak gampang menulis itu lohh. Untuk pemula, membuat sebuah kalimat yang utuh saja bisa bingung. Kapan harus meletakkan titik, koma, tanda tanya, tanda seru dan tanda lainnya. Mana subjek, predikat dan keterangannya. Belum lagi membuat sebuah paragraf yang utuh disertai kalimat utamanya. Semua itu kalau tidak dilatih tidak akan terbiasa. Dengan metode menulis diary, hasrat untuk belajar menulis jadi kesampaian. Tidak aneh kalau menulis buku catatan bermanfaat juga untuk melatih skill menulis.

4. Ide Membuat Puisi
Pernah mencoba membuat puisi dari tulisan? Jika tulisan berisi tentang komentar tajam, bisa loh dijadikan puisi. Tentunya puisi tersebut juga tentang kritikan donk. Membuat puisi dari tulisan gampang-gampang susah. Intinya kita harus mengambil beberapa kalimat dari tulisan itu yang memiliki makna klimaks sehingga ketika dipadatkan menjadi sebuah puisi agar memiliki aura yang kuat dalam mempengaruhi pembaca. Kemudian kata-katanya diganti dengan kata-kata lain agar berkesan tidak dibuat begitu saja. Nah bisa jadi inspirasi ni kalau Anda suka buat puisi. Buku catatan juga kaya akan cerita perasaan. Dengan menjiwai cerita tersebut, puisi baru bisa saja keluar dari kepala tanpa harus mengolah cerita tersebut. Itu dia manfaat lain dari diary.

5. Satu-Satunya Cara Menungkapkan Perasaan Kepada Orang Lain
Lanjuttt.. Diary juga sebagai cara untuk mengungkapkan perasaan. Tidak semua orang pandai mengungkapkan perasaannya kepada seseorang. Bisa jadi juga tak mungkin orang tersebut mengungkapkan perasaannya karena ada sesuatu hal yang telah terjadi. Contoh cinta seorang wanita kepada lelaki yang dulu temannya tapi kini sudah menikah. Sakit jika memendam perasaan lebih baik diungkapkan walaupun caranya terlalu pasif.

Apalagi ya??

Ya menulis diary menyenangkan sekaligus sumber kesedihan. Ada kalanya ketika sedih kita menceritakannya di buku tersebut. Selang waktu berlalu kita membuka dan membacanya kembali sehingga teringat kembali detail yang terjadi pada waktu. Suasana perasaan pun terbawa kembali ke saat itu. Sementara kita sudah tak berminat kembali untuk mengingat-ingatnya. Saya pernah mengalami hal tersebut. Begitu pahit rasanya. Gak enak untuk diingat kembali.

Begitulah manfaat buku catatan harian buat saya. Setiap orang memiliki manfaat yang berbeda-beda. Semua tergantung tujuan pemakaian saja. See you next time! :)

No comments:

Post a Comment