Thursday, May 21, 2015

Cara Cepat Menghitung Perkalian dengan Garis

Dulu waktu belajar menghitung kali-kali kita pasti melakukannya dengan metode perkalian ke bawah. Banyak yang lambat mengerjakan cara ini. Terutama karena prosesnya menggunakan perkalian dasar kali-kali 1 hingga 10. Kendalanya adalah karena belum hapal kali-kali.

Ada nih metode terbaru dalam menghitung kali-kali dengan garis. Dasar yang perlu diketahui hanyalah membuat garis lurus dan menentukan titik potong serta penjumlahan titik. Itu saja. Jadi, tanpa hapal kali-kali dasar pun kita sudah bisa mengerjakannya dengan cepat.

Mari kita buat contohnya 12 x 32.

#Pertama. Buatlah garis-garis lurus untuk angka 12 seperti di bawah ini. Garis sebelah kiri adalah puluhan dan garis sebelah kanan adalah satuan.


#Kedua. Buatlah garis-garis untuk angka 32. Sama seperti di atas, kiri puluhan dan kanan satuan, sehingga menimpa garis angka 12. Disinilah sudah terlihat titik-titik potongnya.


#Ketiga. Pahami dulu 3 bagian utama yang wajib dipahami. Bagian yang ditandai nomor 1 merupakan ratusan, bagian nomor 2 adalah puluhan dan bagian nomor 3 itu satuannya. Tiap-tiap bagian harus dijumlahkan titik-titik potongnya.




#Keempat. Mari menemukan jawaban dengan menghitung titik potong pada bagian 1,2 dan 3. Pada bagian 1 terdapat 3 titik potong, bagian 2 ada 8 dan bagian 3 ada 4. Sehingga hasil dari 12 x 32 = 384. Mudah kan??

Ada yang mau coba?

No comments:

Post a Comment