Sunday, May 17, 2015

Blogger Vs Wordpress - Mana yang Lebih Bagus?

Kita sama-sama tau baik blogger maupun wordpress merupakan platform ngeblog gratis yang banyak dipakai orang di seluruh dunia. Kedua platform ini memperkaya konten yang ada di dunia internet.

Di Indonesia khususnya, platform blogspot menjamur begitu cepat. Apapun kata kunci yang ketik di mesin pencari (contoh Google), kebanyakan situs yang tampil di halaman pertama merupakan blog yang dibuat dengan platform blogspot.

Sementara wordpress sepertinya tidak begitu banyak. Saya jarang menemukan situs yang dibuat dari wordpress kalau mencari sesuatu di Google. Hanya sekali-sekali. Meskipun demikian, platform ini tetaplah salah satu yang favorit kalau saya timbang-timbang.

Dulu saya pernah coba pakai wordpress, mungkin karena lama tidak update akunnya kena suspend. Saya terpaksa meninggalkan tulisan saya.

Mencari solusi tapi tidak ada hasil saya memutuskan untuk pindah ke blogspot. Ternyata blogspot lebih ringan dasbornya ya dari wordpress. Lebih cepat juga langsung ke editor postingannya. Kemudian saya betah dan sampai sekarang berniat untuk terus menggunakan blogspot.

Kalau menurut saya, blogger dan wordpress sama-sama memiliki kelebihan dan kekurangan.

#1. Dasbor yang Ringan
Blogger memenangkan kelebihan ini. Saya membutuhkan waktu lama untuk bisa memuat dasbor wordpress saja. Berbeda dengan blogger yang jelas lebih cepat.

#2. Ladang Uang
Blogspot dapat dijadikan sumber pencarian di internet tanpa modal. Wordpress tidak dapat dimonetisasi dengan adsense sementara blogspot bisa.

#3. Upload pdf
Disini blogger kalah. Blogger tidak bisa menyimpan file pdf penggunanya. Meskipun demikian, masih ada google doc, toh juga sama-sama produk Google.

#4. Template
Wordpress memang memiliki banyak template yang beragam daripada blogger. Templatenya pun terkesan sudah profesional. Berbeda dengan template bawaan blogger hanya terdapat beberapa saja.

#5. Edit Template
Blogger bisa hingga ke coding-codingnya. Wordpress terbatas.

#6. Block Spammer
Wordpress lebih unggul disini. Saya melihat lebih sulit berkomentar di wordpress kalau blog sudah di-black list. Blogspot tidak sehebat itu fitur pembloknya.

Semua ulasan di atas dikembalikan kepada pengguna masing-masing. Penulis sendiri merasa blogspot lebih baik dari segi ekonomi karena dapat dijadikan sumber pendapatan ekstra berkat hoby menulis.

Sepertinya itu saja dari saya mungkin Anda ingin menambahkan yang lain.

No comments:

Post a Comment