Thursday, March 26, 2015

Tips Merangsang Anak agar Rajin Belajar

Wah tulisan ini kayaknya sangat cocok dibaca untuk ibu-ibu yang masih punya anak kecil. Karena kalau kita ingin menanamkan sikap rajin belajar kepadanya, harus dimulai sejak si buah hati masih kecil.

Manfaat ini sangat banyak. Berguna untuk masa depan dan keberhasilan orang tua dalam mendidik anak-anaknya. Jaman sekarang kalau mau sukses secara akademis harus belajar. Pintar kalau tidak menimba ilmu sama juga nol besar. Jika anak sudah terbiasa belajar, maka tidak sulit baginya meraih cita-cita nya. Kelak anak sudah sukses, berarti orang tua sudah berhasil mendidik dan membesarkannya.

1. Berikan Buku Bergambar saat Masih Balita
Balita memang belum bisa belajar, tapi kita dapat merangsangnya dengan memberikan beberapa gambar. Biarkan otaknya merespon dan menyimpan gambar-gambar tersebut. Perlahan tapi pasti kita berikan dia gambar yang nyata kemudian beritahu nama benda tersebut. Meskipun dia cuma melihat, kebiasaan ini sangat berpengaruh pada minatnya di masa depannya nanti.

2. Ajari Alfabet
Ketika si anak sudah bisa berbicara, ajarilah huruf-huruf yang mudah saja dulu. Misalnya huruf vokal A, I, U, E dan O. Ajari nama pertama dan kedua, yaitu mamak dan ayah.

3. Ajari Angka
Memainkan jari dapat mengambil perhatian si buah hati. Sambil menunjukkan jari telunjuk, katakan itu angka berapa. Meskipun dia belum bisa mengikuti, yakinlah lama-lama dia akan mengerti.

4. Berikan Pensil
Anak kecil sudah biasa tangannya tak bisa diam. Cobalah untuk memberikannya pensil. Dengan tetap mengawasinya arahkan agar mencoret-coret ke sebuah lembaran kertas. Biarkan si anak menggambarkan sesuatu meskipun hanya coretan tak bermakna. Suatu hal baru akan merangsang otaknya. Tetap awasi agar pensil tidak menusuk ke matanya.

5. Atur Jam Belajar
Memasuki masa sekolah dasar, jangan biarkan anak menonton televisi terlalu lama. Jangan dulu berikan handphone. Aturkan jam belajar malam mulai dari pukul 7 hingga 9 malam. Setelah itu baru boleh menonton televisi, tapi hanya satu jam saja. Jam 10 malam si anak harus tidur. Biasakan si buah hati agar bangun pagi. Tidur sangat berpengaruh pada hasil belajarnya. Semua yang dipelajari akan diolah otak untuk disimpan saat tidur.

6. Percakapan Bahasa Inggris
Mengenalkan anak pada bahasa asing pada usia muda sangat dianjurkan agar dia terbiasa sejak dini. Mulailah percakapan ringan dalam bahasa Inggris kepadanya. Ajarkan nama benda dalam bahasa Inggris untuk setiap benda yang ditemukan di rumah. Lakukan secara enjoy!

7. Menggambar
Agar proses belajar lebih menarik, cobalah memberikannya pensil warna dan biarkan membuat gambarnya sendiri. Biasanya si anak akan menggambar pemandangan. Biarkan saja dulu. Biarkan imajinasinya berkembang dan dilepaskan ke atas kertas.

Semua di atas harus dilakukan dengan sepenuh hati. Jika sudah biasa dengan mempelajari hal-hal baru tidak akan sulit baginya untuk belajar. Kalau terus bermain maka dia takkan mengenal dunia akademis. Bermain bukan tak boleh, tapi jangan berlebihan.

No comments:

Post a Comment