Saturday, March 21, 2015

Skill Membaca Cepat Ini Wajib Kita Miliki

Jaman sekarang semakin maju. Setiap orang dituntut memiliki skill dasar dalam kehidupan sehari-hari. Membaca adalah salah satu kegiatan yang pasti dilakukan semua orang setiap hari. Ketika ketika menjari jalan kita membaca plang arah jalan. Kegiatan lain seperti membaca struk pembelian hingga membaca koran.

Salah satu skill yang menarik dari membaca adalah skill membaca cepat. Sekarang bukan saatnya membaca koran dengan mengeja. Ada banyak bacaan yang harus dibaca di koran sehingga tidak memungkinkan untuk membacanya dengan mengeja. Tentunya suatu hal yang konyol jika dilakukan dengan mengeja. Waktu juga mempengaruhi. Tidak mungkin kita punya waktu yang banyak hanya untuk membaca. Waktu yang terbagi-bagi, harus melakukan ini dan itu di jam ini sekarang dan nanti. Maka dari itu setiap manusia harus bisa membaca cepat.

Apa sih membaca cepat itu?

Membaca cepat biasanya kita lakukan ketika yang akan kita baca merupakan bacaan ringan. Bahasa yang digunakan dalam bacaan sudah sering kita jumpai. Sehingga hanya dengan melihat kosa kata yang tersedia kita sudah tahu artinya. Koran contohnya. Bahan bacaan koran adalah kosa kata-nya sering kita jumpai. Sekali lihat kita sudah tahu maknanya.

Berbeda dengan membaca bahan kajian ilmiah. Dibutuhkan ekstra konsentrasi untuk mendapatkan kesimpulan dari kajian tersebut. Tidak heran kalau kita membaca sebuah jurnal ilmiah harus dilakukan berulang-ulang. Karena kita butuh pemahaman yang detail dan kosa kata yang digunakan pun cenderung baru dan jarang kita dengar. Contohnya buku kedokteran, buku fisika, jurnal internasional, dan lain sebagainya. Jangan lakukan skill ini di buku kedokteran kalau tidak Anda tak mengerti satu pun yang Anda baca.

Teknik membaca ini seperti yang disebut tadi menggunakan mata. Begini caranya. Ketika ada sebuah bacaan terdiri dari 6 kata dalam satu baris, jika sudah terbiasa hanya melihat dua kali sudah terbaca satu baris. Dalam sekali lihat, otak sudah mengolah 3 kata tersebut. Jika suatu paragraf terdapat 6 baris, maka dalam 12 kali lihat kita sudah dapat inti dari paragraf tersebut dan menyimpulkan maksud paragraf. Cepat sekali bukan.

Teknik yang sangat efektif. Sekali sudah terbiasa maka mudah sekali untuk menghabiskan sebuah koran. Sangat cocok untuk orang yang suka membaca.

Demikian juga novel. Tidak heran hanya dalam hitungan jam semua ludes terbaca. Buku-buku bacaan berat juga kalau sudah terbiasa mendapatkan kosa kata yang sulit pasti mudah juga akhirnya. Kosa kata yang jarang didengar ini hanya masalah kebiasaan. Kalau sering ditemukan maka semakin mudah memahaminya. Tak mengejutkan kalau orang-orang besar itu membaca lebih dari puluhan buku dalam setahun.

Mulai sekarang rajinlah melatih teknik ini agar Anda cepat dalam membaca! :)

No comments:

Post a Comment